Inilah Cara Layanan Colocation Hosting Bekerja

Layanan colocation hosting bekerja dengan memelihara dan mengelola server dimulai dengan memastikan lingkungan memungkinkan mereka untuk bekerja pada kapasitas penuh. Namun, hal ini adalah masalah utama bisnis ini dengan “lemari server” yang harus diurus sepanjang waktu. Jika perusahaan tidak mampu mengambil tanggung jawab seperti itu di tempat mereka, perusahaan akan mencari pusat data yang menawarkan layanan CBTP.

Pada bisnis ini, biasanya klien menyewa ruang dari penyedia layanan mereka yang menawarkan penyimpanan untuk perangkat keras, serta manajemen lingkungan.

Klien memindahkan perangkat keras mereka ke pusat data, mengatur, dan mengkonfigurasi server mereka. Tidak ada kontak fisik antara penyedia dan perangkat keras klien kecuali mereka secara khusus meminta bantuan tambahan.

Saat perangkat keras dihosting, pusat data memikul semua tanggung jawab untuk pengelolaan lingkungan, seperti pendinginan, penyediaan daya listrik yang memadai, keamanan di tempat, dan perlindungan terhadap bencana.

Tanggung jawab perusahaan hosting biasanya meliputi:

Keamanan

Perusahaan hosting mengamankan dan mengesahkan akses ke lokasi fisik. Langkah-langkah keamanan yang di atur mereka termasuk memasang peralatan seperti kamera, kunci biometrik, dan identifikasi untuk setiap personil di tempat. Klien bertanggung jawab untuk mengamankan server mereka dari serangan cyber. Penyedia memastikan tidak ada orang tanpa otorisasi yang bisa mendekati perangkat keras.

Kekuasaan

Pusat data bertanggung jawab untuk listrik dan utilitas lain yang diperlukan oleh server. Ini juga termasuk cadangan energi, seperti generator, jika listrik padam. Mendapatkan dan menggunakan daya secara efisien adalah komponen penting. Pusat data dapat menyediakan infrastruktur sumber listrik yang menjamin waktu kerja tertinggi.

Pendinginan

Server dan peralatan jaringan menghasilkan panas yang cukup besar. Host menyediakan sistem pendingin canggih, sehingga server berjalan secara optimal. Pendinginan yang tepat dapat mencegah kerusakan dan memperpanjang usia perangkat keras Anda.

Penyimpanan

Pusat data menyediakan ruang fisik untuk server Anda. Anda dapat memutuskan untuk menyimpan perangkat keras Anda di salah satu dari tiga opsi ini:

Kabinet: Setiap kabinet dapat menampung beberapa server di rak. Penyedia biasanya menyewakan seluruh kabinet, dan beberapa bahkan mungkin menawarkan kabinet parsial.

Kandang (Cage): Kandang adalah area terpisah dan terkunci di mana lemari server disimpan. Kandang secara fisik mengisolasi akses ke peralatan di dalam dan dapat dibangun untuk menampung sebanyak mungkin kabinet yang dibutuhkan pelanggan.

Suites: Kamar-kamar ini aman dan tertutup sepenuhnya di pusat data colocation.

Pemulihan Bencana

Bencana fisik ataupun cyber bisa terjadi, dan pemilik jasa colocation hosting wajib bertanggung jawab atas hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *